Senin, 13 Juni 2011

Belajar Mengenal Sirkumsisi (Khitan)

Ups... ini sepertinya artikel riskan ya.. mengingat banyak sekali sekarang permasalahan malpraktik, bukan mengajari untuk berbuat malpraktik, namun sekedar jadi ilmu saja bagi kita semua, yah.. siapa tahu nantinya bakal mengabdi di daerah pedalaman seperti suster apung (so sweet...). Namun kalau dirunut-runut, masyarakat kita lebih mengenal namanya mantri sunat ketimbang profesi lain dalam melakukan sunat (khitan), karena memang dahulu yang melakukan khitan atau sunat itu lebih banyak perawat, jadi gada salahnya kita belajar sedikit mengenai teknik dalam melakukan sirkumsisi.... kalau misalnya kurang lengkap harap dilengkapi, kalau salah boleh dikoreksi...
PRINSIP DALAM SIRKUMSISI
1. Asepsis ==> jadi perhatikan betul-betul kesterilan tindakan kita, karena ini termasuk tindakan operasi, melukai jika tak mengindahkan teknik aseptis maka infeksi asilnya.
2. Pengangkatan Kulit secara Adekuat ==> pada dasarnya sirkumsisi itu mengangkat kulit luar, membuang sedikit dan merapatkannya lagi
3. Hemostasis yang baik ==> sewaktu SMA di buku SMA Bahasa Indonesia ada cerpen tentang perdarahan pasca khitan, nah itu jadi pelajaran banget nih buat saya...
4. Kosmetik ==> bukan hanya muka lho, inget jangan jadikan "ia" menjadi buruk rupa, jadi estetika juga harus main disini.

PERSIAPAN
1. Kasa Steril
2. Cairan Desinfektan (IODINE)
3. Kain/Doek Steril
4. Semprit - Jarum Steril serta obat anastesi lokal
5. Satu set peralatan bedah minor

PERSIAPAN SEBELUM DIMULAI
1. Desinfeksi lapangan operasi dengan povidon iodin
2. Daerah operasi dipersempit dengan doek steril
3. Lakukan tindakan anestesi blok pada pangkal penis untuk memblok nervus dorsalis penis dan dilanjutkan dengan anesthesi infiltrasi (extracain / lidocain )

TEKNIK ANASTESI

Anatomi (Perhatikan dengan seksama)





Ditusukkan dengan tegag lurus, sampai dengan terdengar seperti bunyi jarum yang menembus kertas, setelah itu aspirasi kemudian masukkan anastesi.
Setelah itu lakukan anastesi lagi pada bagian daerah yang ingin dibedah (lebih bawah sedikit), jangan lupa memiringkan kiri dan kanan, agar obat merata.


Langkah Kerjanya Digambarkan sebagai berikut




1. Lakukan penjepitan prepusium pada jam 1, 11, 5 serta 7
2. Lakukan pemotongan prepusium sejajar sumbu panjang penis menggunakan gunting
3. berikutnya adalah pemisahan kulit hingga penjahitan...





















KOMPLIKASI SIRKUMSISI
Sirkumsisi yang benar dan dengan perawatan hemostasis jarang menimbulkan komplikasi. sebaga perawat dalam perawatan luka seperti ini adalah menjaganya tetap bersih dan bebas kuman, sehingga terbebas dari resiko infeksi. pada tahap sirkumsisi, hal-hal yang tidak diinginkan terjadi adalah:
1. Perdarahan
2. Infeksi
3. Pengangkatan kulit penis tidak adekuat
4. Amputasi Glans Penis
5. Nekrosis Penis.

10 komentar:

  1. selamat malam. Mau tanya nich. apa kah sya bisa minta alamat emailnya. sy sudah khitan tp bekas khitannya tidak rapi, bisakah dikhitan ulang. trimks. rudi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. kirim pesan ke fb saya saja ya... terima kasih...

    BalasHapus
  3. mas aku mau belajar sunat dimana ada pelatihannya? mohon balas di visikarya@gmail.com thanks

    BalasHapus
  4. selamat malam mas. saya juga seorang perawat. saya lagi nyari tempat kursus / pelatihan sirkumsisi. kira - kira mas bisa bantu engga?
    terima kasih. balas ke teofilus_akui@yahoo.com aja mas.

    BalasHapus
  5. Mohon ptunjuk almt2 t4 kursus yg bisa dijadikan rujukan belajar sunat.Liya,jkrta selatan.liyawaharani@gmail.com

    BalasHapus
  6. Mengenal tumbuhan daun bungkus pembesar penis dari hutan Papua.

    BalasHapus
  7. Saya keturunan papua, sunat saat 34th, karena ejekan teman2 dan saya sangat menyesal, dibutuhkan waktu 2bulan untuk sembuh,setiap minggu saya periksa ke dokter. penis saya jadi tidak peka, saat bersetubuh dengan istri saya,saya tidak merasakan kenikmatan lagi seperti sebelum sunat. Karena syaraf2 di kulit kemaluan sebagian sudah dipotong. Dan bentuk penis jadi tidak alami, terlihat bekas jahitan yang mengerikan. Menurut istri saya saat bersetubuh lebih enak sebelum sunat, karena terasa seperti ada yang membelai di dalam vagina.

    Nasi sudah menjadi bubur, saya tidak bisa mengembalikan kulup saya. Tapi apakah saya bisa menghilangkan bekas jahitan di penis?

    BalasHapus
  8. BEDA DENGAN TEKNIK SUNAT YANG SAYA ALAMI DAN ANAK SAYA ALAMI. :) TAPI SEBAGAI PENGETAHUAN TAMBAHAN SAYA AJA.

    BalasHapus

mari bijak berkomentar disini